Minaret Kubah Masjid Jamik Taluak

Minaret Kubah Masjid Jamik Taluak

Minaret Kubah Masjid Jamik Taluak

Asalamualiakum Wr. Wb. Hai kawan kawan semua dimana puna anda berada , Apa kabar nih kalian semua , semua sehat sehat bukan. Syukurlah kalo semua sehat sehat semua. Nah pada artikel kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Minaret Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi. Seperti yang kita tau Kubah Masjid adalah tempat ibadah umat islam si seluruh dunia dan juga indonesia , negara kita sendiri. Di manapun kota atau daerahnya pasti ada Kubah Masjid karna mayoritas orang indonesia memeluk agama islam. Sebelum lanjut ke artikel Minaret Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi , saya jelaskan sedikit tentang Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi. Kubah Masjid Jamik Taluak atau Arsitektur Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi adalah salah satu Kubah Masjid tertua di Indonesia yang terletak di Nagari Taluak IV Suku , Kecamatan Banuhampu , Kabupaten Agam , Sumatera Barat , Indonesia. Lokasi dari Kubah Masjid Jamik Taluak ini cukup dekat dengan perbatasan Kota Bukittinggi , karenanyaa Kubah Masjid Jamik Taluak ini sering juga dikenal sebagai Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi. Pembangunan Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi ini diprakarsai oleh Haji Abdul Majid pada sekitar tahun 1860 , Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi dulu hanya terbuat dari kayu dan beratapkan ijuk. Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi ini sempat mengalami beberapa kerusakan akibat gempa bumi , seperti gempa bumi pada tahun 2007 silam yang mengakibatkan Kubah Masjid ini rusak parah. Meski telah beberapa kali dilakukan perbaikan dan pembenahan, keaslian dari Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi ini masih tetap dipertahankan sampai sekarang.

Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi ini dilengkapi dengan minaret yang berdiri terpisah dari bangunan utama Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi. Minaret Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi oleh masyarakat setempat juga dikenal dengan sebutan “manaruh”. Meski belum diketahui pasti kapan dibangunnya Minaret Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi tersebut, di Minangkabau minaret dengan bentuk yang sama tercatat telah diperkenalkan pada awal abad ke-19 oleh sejumlah reformis lslam yang dikenal sebagai Kaum Padri.

Minaret Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi ini terdiri dari tiga buah bagian, yang di dalamnya terdapat sebuah tangga yang berbentuk spiral. Dinding-dinding Minaret Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi dipenuhi hiasan bercorak Persia , Arab dan Timur Tengah. Di antara setiap bagian Minaret Kubah Masjid Jamik Taluak Bukittinggi terdapat balkon yang mengitari. Pada Bagian pertama yang merupakan bagian terbawah dihiasi dengan hiasan bercorak Persia. Untuk Bagian kedua, bentuknya semakin ke atas semakin kecil dihiasi hiasan bercorak Arab. Bagian ketiga atau bagian teratas bagian terahir, tidak berdinding dengan atap berbentuk bawang, bisa di bilang mirip mirip lah dengan atap minaret Kubah Masjid-Kubah Masjid kuno di negara Timur Tengah.