Menu Makanan Bayi 1 Tahun

Menu Makanan Bayi 1 Tahun – Ketika bayi berusia 1 tahun, selain mengkonsumsi ASI eksklusif dari sang bunda ia juga membutuhkan banyak asupan makanan bergizi untuk kecerdasan otaknya. Fase produktif ini membuatnya bergerak aktif dan tentunya memerlukan makanan yang sehat dan bergizi. Sebagai seorang bunda Anda bisa membuatkan variasi rasa yang enak dan tentunya sehat bagi sang buah hati. Kreasi rasa dan tekstur makanan yang lembut membuat anak Anda lahap ketika makan. Berikut ini adalah variasi menu makanan bayi berusia 1 tahun.

Variasi Sehat Menu Makanan Bayi Usia 1 TahunMenu Makanan Bayi 1 Tahun

Beraneka macam menu makanan menjadi salah satu pilihan buat bayi Anda. Mulai dari menu dengan proses pembuatan yang mudah hingga memerlukan bahan-bahan yang ekstra. Usia 1 tahun di mana anak cenderung memilih terhadap makanan yang diberikan padanya. Proses memilih makanan disini merupakan daya tarik anak melihat dan merasakan makanan yang disuguhkan padanya. Apakah bentuknya menarik dan warnanya menggoda untuk dimakan? Dengan kreativitasnya sang bunda dapat menyulap makanan sederhana menjadi bentuk yang istimewa. Inilah aneka menu makanan bayi 1 tahun antara lain:

1. Lezatnya bubur tim tahu cincang
Menu bubur tim sangat identik sekali dengan makanan pendukung ASI atau yang biasa disebut MPASI. Makanan dengan tekstur lembut ini menjadi asupan wajib bayi berusia 1 tahun. Dicampur dengan aneka sayuran yang bergizi seperti wortel, sawi dan sebagainya. Inovasi baru diciptakan oleh bunda pintar yaitu dengan ditambah lauk tahu cincang yang diiris tipis-tipis. Bumbu yang digunakan tidaklah bumbu rumit. Bumbu sederhana seperti bawang merah dan bawang putih, garam dan kecap. Kemudian ditumis sebentar. Jadilah bubur tim dengan tahu cincang sebagai pelengkap. Menu ini sangat cocok disajikan ketika sarapan pagi dan berlanjut minum ASI. Selamat mencoba.

2. Gurihnya sup ikan dengan segarnya wortel
Menu yang satu ini merupakan resep masakan yang mengandung cukup protein dan kaya akan vitamin A. Cocok sekali disajikan dengan nasi yang sudah dihaluskan. Ini bisa jadi menu andalan bagi bayi usia 1 tahun. Gurihnya ikan dan segarnya sayuran di dalamnya membuat anak semakin lahap untuk makan. Gunakanlah bumbu alami tanpa ada penyedap makanan. Gunakanlah tempat atau wadah makan yang unik dan menarik agar anak tertarik untuk makan. Menu ini cocok disajikan ketika makan siang ataupun sore dengan segelas air putih untuk anak.Menu Makanan Bayi 1 Tahun

3. Manisnya puding wortel
Selain menu masakan berat atau sajian utama yang dibentuk secantik mungkin, bayi dengan usia 1 tahun juga bisa mengkonsumsi makanan ringan atau camilan sehat buatan bunda. Inilah puding wortel sehat yang mengandung khasiat baik bagi kesehatan mata. Dengan bahan yang mudah dijangkau dan harga yang bersahabat. Dengan 4 macam bahan antara lain sepotong wortel yang telah dihaluskan, agar-agar bubuk putih, susu cair dan gula pasir, Proses pembuatan dimulai mencampurkan bahan satu demi satu dan dididihkan. Kemudian cetak dalam cetakan dan ditaruh didalam freezer. Tunggu sampai membeku. Tips tambahan, gunakanlah cetakan plastik dengan bentuk lucu seperti bentuk binatang, boneka dan lain sebagainya. Kuncinya yaitu tetap berusaha memberi asupan bergizi dan menarik bagi buah hati tersayang.

Variasi untuk menciptakan menu makanan baru bisa Anda buat sendiri. Memadukan bahan-bahan yang ada di lemari pendingin Anda dengan bebas. Disinilah inovasi bunda cerdas diperlihatkan bagi sang buah hati tercinta. Demikianlah menu menarik untuk bayi usia 1 tahun. Selamat mempraktikkan.