Masjid agung malang

Masjid agung malang

Masjid agung malang

Masjid agung malang merupakan sebuah masjid yang terletak di malang jawa timur indonesia. masjid tersebut dibangun pada tahun 1960 dan diselesaikan pembangunannya pada tahun 1963. masjid agung malang ini berbentuk bujur sangkar berstruktur baja dengan atap tajug tumpang dua sampai saat ini bangunan aslinya masih dipertahankan.

Arsitektur masjid agung jami malang

Dari bentuknya masjid agung jami’ malang mempunyai dua gaya arsitektur yaitu arsitektur jawa dan arsitektur arab. gaya dari bentuk arsitektur jawa terlihat dari bentuk atap masjid bangunan lama yang berbentuk tajuk. sedangkan gaya arsitektur arah terlihat dari bentuk kubah pada menara masjid dan juga kontruksi lengkung pada bidang – bidang bukaan pintu dan jendela.

Bangunan masjid tersebut ditopang oleh 4 soko guru utama yang terbuat dari kayu jati 23 yang bentuknya dibuat mirip dengan 4 kolom itu. dibangun dengan penuh tirakat dan keikhlasan dan pendirinya dalam mendekatkan diri kepada allah subhanahu wa ta’ala tidak masjid masjid agung jami malang melakukan renovasi terhadap bangunan masjid bangunan asli masih tetap dilestarikan.

Masjid agung malang tersebut juga memiliki potensi wisata religi di salah satunya di kota malang. kita sudah mengetahui bahwa malang memiliki beberapa objek wisata dan masjid agung jami malang tersebut juga memiliki berbagai wisata di kota malang.

Sejarah masjid agung jami malang

Masjid agung jami malang tersebut didirikan pada tahun 1890 masehi di atas tanah atau tanah negara sekitar 3000 m2 menurut prasasti yang ada masjid agung demak dibangun dalam dua tahap pertama dibangun tahun 1890 masehi dan kemudian tanggal 15 maret 1903 dan selesai pada 13 September 1903. bangunan masjid ini berbentuk bujur sangkar berbeda dengan atap tajug tumpang 2 dan sampai saat ini bangunan asli tersebut masih dipertahankan keberadaannya.

Masjid agung jami malang memiliki halaman yang begitu luas dan bentuk dari masjid tersebut yang begitu besar dan megah membuat para wisatawan tertarik untuk beribadah mampir hanya untuk beristirahat dan hanya untuk berfoto saja tidak di depan masjid agung jami malang tersebut terdapat taman yang begitu luas untuk para wisatawan wisatawan yang menikmatinya.

Masjid agung malang memiliki 4 menara yang dengan ujung lancip seperti bawang dan kubah dari masjid jami malang tersebut berbentuk kubah modern. Di halaman sekitar masjid jami malang terdapat pohon – pohon yang besar dan rindang menambah suasana kesejukan di sekitar masjid jami malang tersebut dan membuat nyaman para wisatawan yang sedang berada dibawah pohon tersebut.

Masjid jami malang tersebut salah satu masjid terbesar di kota malang dan di setiap hari – hari besar islam masjid tersebut memiliki banyak sekali acara seperti halnya di hari besar isra mi’raj, idul fitri, idul adha dan lain sebagainya.