Kenapa Anak Suka Mengigau

Kenapa Anak Suka Mengigau – Berbicara ketika tidur atau biasa dikenal dengan istilah mengigau memang dianggap sebagai hal yang wajar. Mengigau tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja namun anak kecil juga bisa mengalaminya. Mengigau tidak selalu berupa pertanda yang serius karena ada banyak faktor yang menyebabkan anak mengigau. Bisa jadi karena anak terlalu lelah setelah seharian beraktivitas. Namun, Anda sebagai orang tua tidak ada salahnya untuk mencari tahu penyebab anak mengigau karena mungkin saja ada faktor lainnya yang lebih serius daripada sekedar kelelahan. Kira-kira apa saja faktor penyebab anak bisa mengigau? Mari kita simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.Kenapa Anak Suka Mengigau

Faktor yang Menyebabkan Anak Suka Mengigau

1. Sedang Sakit
Anak yang sedang mengalami sakit atau demam yang tinggi kemungkinan akan sangat mudah untuk mengalami mengigau. Kondisi fisik anak yang sakit sangat rentan karena sedang tidak fit sehingga terdapat gangguan sistem kerja pada organ tubuhnya. Akibatnya, hal tersebut dapat mempengaruhi pola tidur anak dan menyebabkan si anak mengalami mengigau. Selain sakit, anak-anak yang sedang dalam pengaruh obat-obatan seperti obat anti nyeri juga bisa mengalami mengigau.

2. Kurang Tidur
Salah satu faktor anak mengigau ketika diwaktu tidur mungkin dikarenakan kurangnya jam tidur. Umumnya, anak harus tidur selama 6-8 jam setiap harinya. Jika kurang dari durasi yang telah ditetapkan maka bisa dikatakan anak kurang tidur. Inilah yang menyebabkan anak mudah mengigau. Namun, biasanya ada kesalahan sepele yang dilakukan oleh orang tua ketika anaknya mengigau yaitu dengan membangunkannya. Hal ini justru akan mengganggu kualitas serta kuantitas tidur si anak. Maka dari itu ketika anak mengalami mengigau jangan membangunkannya, diamkan saja namun usahakan untuk membuatnya tenang dengan cara memeluknya.

3. Terlalu Stress
Ketika anak sedang stress maka akan berakibat pada kondisi tubuhnya salah satunya ketika tidur. Stress bisa menjadi faktor utama anak mengalami mengigau. Jadi, jangan sampai anak mengalami stress. Anda sebagai orang tua diharuskan mengetahui mengapa anak bisa sampai stress. Mungkin saja ada tekanan atau suatu hal yang dipikirkan oleh anak sehingga membuatnya stress. Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mencarikan solusi terhadap permasalahan anak.

4. Makan Camilan Sebelum Tidur
Makan camilan sebelum tidur bisa menyebabkan berat badan anak menjadi naik. Bila terus didiamkan maka dikhawatirkan anak akan mengalami obesitas. Selain kenaikan berat badan, mengkonsumsi camilan sebelum tidur juga dapat menyebabkan anak mengigau pada saat tidur. Hal ini tentunya sangat mengganggu. Jadi, untuk menghindari igauan anak usahakan untuk tidak mengkonsumsi camilan sebelum tidur. Jika memang ingin ngemil sebaiknya 4 jam sebelum tidur. Dengan seperti itu anak akan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

5. Terlalu Kelelahan
Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa anak yang mengigau bisa saja disebabkan karena terlalu lelah. Mungkin saja seharian ini aktivitas anak sangat padat mulai dari bermain, belajar atau kegiatan lainnya yang menguras tenaganya. Jadi, bila anak mengingau karena kelelahan maka Anda harus lebih bisa memantau kegiatan dalam sehari, jangan sampai sangat kelelahan.

Jika anak terus mengigau maka jalan satu-satunya adalah dengan konsultasi ke dokter. Dengan seperti itu, Anda akan mengetahui penyebab anak terus mengigau. Sekalipun hal ini tidak terlalu serius namun Anda juga jangan membiarkannya saja karena tentunya ada kesalahan yang menyebabkan anak mengalami bicara sendiri ketika tidur. Kenapa anak suka mengigau