Budidaya Tanaman Bungur

Tanaman Bungur

dapat kita jumpai di wilayah di hutan jati,baik di tanah tandus maupun di tanah subur hutan heterogen berbatang tinggi. Terkadang, bungur ini ditanam sebagai pohon hias atau pohon pelneduh di pinggiran jalan.

Di Jawa, bungur dapat tumbuh sampai ketinggian 1000 m dpl. Jual Bibit Tanaman Bungur Lalu ada pula di temukan pada ketinggian di bawah 300 m. Dengan tinggi mencapai 10-30 m. Bentuk Batang cenderung bulat, mulai dari cabang pohon hingga di bagian pangkalnya,berwarna cokelat muda. Daunnya tunggal, bertangkai sedikit pendek. Helaian daunnya pun hampir mirip dengan oval, elips, atau memanjang,tebal seperti kulit manusia, panjang sekitar 9-38 cm, lebar5-12 cm, berwarna hijau tua.

Budidaya Tanaman Bungur

Bunga berbentuk majemuk dan berwarna ungu, tersusun dalam malai yang panjangnya 30-50 cm, keluar dari belahan ketiak daun atau ujung ranting. Buahnya berbentuk seperti kotak dan sedikit berbentuk menyerupai boal sampai bulat memanjang, panjang 2-7 cm, berukuran 3-7, buah yang masih muda berwarna hijau, setelah matang maka akan menjadi cokelat. Ukuran biji cukuplah besar, pipih, ujungnya bersayap berbentuk mata pisau, berwarna cokelat kehitaman. Bungur dapat di tanam dengan menggunakan cara biji.

Tanaman Bungur ini mempunyai nama ilmiah Lagerstromeia speciosa pers dan berasal dari jenis lythraceae. Bungur tumbuh di tanah kering dan subur pada hutan atau tanaman peneduh di tepi jalan pada dataran 1-1000 m dpl. Bungur juga bisa ditemukan sebagai pohon pelindung di tepi-tepi jalan dan juga sebagai tanaman hias . Jadi tidak terlalu rumit untuk menemukan tanaman ini di lingkungan sekitar Anda tinggal. Berikut ini adalah defenisi singkat tentang tanaman Bungur: Tinggi pohon bungur berkisar antara 15-45 meter; Batangnya berbentuk sedikit bulat,  bagian dari cabang nya di mulai pada bagian pangkalnya,dan berwarna cokelat muda; Daunnya tunggal,namun bertangkai pendek.

Daun bungur mengandung senyawa seperti saponin,flavonoida, dan tanin. Bunga menyerupai majemuk berwarna ungu, tersusun rapi dalam malai yang panjangnya berkisar 10-60 cm, keluar dari ketiak daun atau ujung ranting,bentuk buahnya kotakdan ada pula  berbentuk bola sampai bulat memanjang,dengan panjang 2-3,7 cm, beruang 3-7. Buah yang masih muda berwarna hijau, setelah matang akan dominan lebih cokelat. Pohon bungur ini  juga banyak di temukan di daerah Provinsi Sumatera dan Pulau Madura.

Berikut adalah beberapa  Khasiat dari Tanaman Bungur yang belum di ketahui banyak masyarakat indonesia:

  1. Mencegah penyakit hipertensi

Manfaat daun bungur yang pertama yaitu dapat mencegah penyakit hipertensi. Kandungan alami dari daun ini mampu secara efektif menurunkan tekanan darah tinggi di tubuh Anda sehingga tidak membuat hipertensi muncul secara tiba-tiba di tubuh Anda.

  1. Melancarkan aliran darah

Khasiat daun bungur juga sangat berkhasiat dalam melancarkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh kita. Peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat sedia kala, terutama dalam  membantu kinerja jantung agar kembali normal.

  1. Mencegah penyakit diabetes

Manfaat daun bungur dapat mencegah penyakit diabetes. Daun sehat ini mempunyai kandungan alami yang ampuh untuk menurunkan kadar gula dalam darah tubuh manusia. cara nya cukup mudah yaitu dengan menggunakan daun dan disertai dengan pengurangan konsumsi gula yang berlebih.

  1. Mengatasi kecing manis

Khasiat daun bungur bermanfaat untuk mengobati dan mencegah penyakit kencing manis. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab yang akan membuat diabetes muncul di tubuh Anda. Untuk itu,gunakanlah daun bungur ini dimulai dari sekarang untuk mencegahnya.

  1. Menurunkan kolesterol tinggi

Manfaat daun bungur sangat berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh Anda. Kolesterol tinggi yang sangat berbahaya adalah jenis kolesterol jahat karena dapat memicu komplikasi berbagai macam penyakit seperti jantung dan lainnya.