Budidaya Mangga Manalagi

Mangga Manalagi

Cara menanam mangga paling mudah dan banyak peminatnya yaitu mangga manalagi. mangga manalagi mempunyai rasa buah yang manis, bijinya kecil dan daging mangganya tebal. Mangga ini merupakan buah yang hampir semua masyarakat mengenal dan mempunyai rasa dari buah ini. selain itu kandungan vitamin yang terdapat pada buah mangga sangat banyak sekali dan bermanfaat bagi tubuh pohon mangga merupakan salah satu tanaman buah yang sangat mudah dalam penanamannya mulai dari pembibitan dan perawatan.

 

Budidaya Mangga Manalagi  Pohon mangga manalagi  ini sangat mudah ditanam wilayah seperti di indonesia ini. Sedangkan untuk ukuran buah dan rasa buah biasanya tergantung dari jenis mangga yang dipilih oleh penanam. maka dari itu agar anda tidak menyesal pilihlah jenis buah mangga yang mempunyai rasa enak. selain itu, anda bisa menanam pohon buah mangga di dalam pot tujuannya agar pohon mangga buahnya lebat kecil namun bisa berbuah. atau anda bisa menanam langsung di dalam tanah tujuannya untuk memperoleh pohon ukuran besar. pada umumnya mangga mempunyai banyak variasi jenis seperti salah satunya mangga madu, mangga manalagi, mangga apel, mangga manalagi mangga golek mangga indramayu dan jenis mangga lainnya. pada dasarnya, cara menanam mangga di semua variasi jenis mangga tersebut sama namun yang paling mudah dan banyak peminatnya itu mangga manalagi.

Mangga manalagi mempunyai buah yang manis, bijinya yang kecil namun daging mangganya tebal sehingga menjadi pilihan yang tepat apabila dibudidayakan budidaya mangga manalagi dapat dilakukan dengan penanaman biji atau dengan cangkok. selain itu untuk menghasilkan tanaman mangga cepat berbuah maka sebaiknya menggunakan cara cangkok. dibawah ini ada beberapa paparan langkah untuk melakukan budidaya mangga yang menghasilkan kualitas mangga manalagi yang manis dan mempunyai rasa enak.

Untuk memulai budidaya mangga manalagi langkah pertama yaitu mempersiapkan bibit mangga bibir dari pohon mangga manalagi hasil dari proses. cangkok dapat anda peroleh dari penjual tanaman taman sayur dan buah atau lebih baiknya anda membeli di pertanian. Sehingga anda tidak perlu melakukan pencangkokan sendiri. pilihlah tanaman yang tidak mempunyai cabang namun subur dan batangnya tegak langkah selanjutnya menyiapkan bank untuk menanam pohon mangga romance ini, buatlah lubang dengan ukuran 40 X 40 dengan dalamnya 50 cm. lalu taburkan pupuk kompos setinggi 1/3 bagian.

biarkan lubang hingga 5 – 7 hari agar kondisinya stabil. untuk penanaman pohon mangga buka polibag dari bibit tanaman mangga yang sudah siap atau yang baru anda beli dari pertanian. Lakukan dengan perlahan agar tanah dan bibitnya tidak buyar. masukkan bibit ke dalam lubang dengan posisi di tengah lubang dan tutup dengan sisa tanah galian serta taburi kompos dari kotoran kambing.

Perlu anda ketahui jika akan menutup pohon mangga sebaiknya tanah sudah dicampur menggunakan pupuk kompos dan setelah itu lakukan pemadatan yakni jangan terlalu kencang namun jangan terlalu longgar.  lakukan penyiraman pagi dan sore hingga bibit benar tumbuh.

setelah anda melakukan tips dengan cara menanam mangga yang benar maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan. untuk perawatan pohon mangga manalagi dilakukan secara rutin agar mangga manalagi dapat tumbuh dengan optimal caranya melakukan sarudin mungkin membersihkan rumput yang ada di sekitar pohon mangga tersebut selanjutnya untuk pembukaan pohon mangga tersebut dilanjutkan ketika usia tanaman sudah hampir 2 bulan dari penanamannya.

untuk menghindari penggunaan pupuk kimia yang berbahaya maka lebih baik menggunakan pupuk kompos atau kandang tanaman pohon mangga manalagi hasil dari cangkokan biasanya dalam proses produksi buahnya lebih cepat dan hal tersebut mendapat pengaruh dari iklim atau cuaca yang ada di daerah tersebut. Pada umumnya mangga hasil cangkokan yang sudah ditanam baru akan menghasilkan buah pada usia 1 – 1,5 tahun mulai dari penanamannya.