Aktivitas PKK di Halaman Kubah Masjid Enamel Serang Banten

Aktivitas PKK di Halaman Kubah Masjid Enamel Serang Banten

Aktivitas PKK di Halaman Kubah Masjid Enamel Serang Banten

Disaat para bapak bapak sedang sibuk dengan aktifitas pekerjaannya. Tentu saja para ibu ibu tidak bisa hanya diam saja. Pasti kalian semua tahu kalau dalam suatu daerah pasti terdapat kelompok ibu ibu PKK. Di daerah serang para ibu ibu PKK ini biasanya berkumpul di halaman Kubah Masjid Enamel untuk mempersiapkan acara rutin dari kelompok PKKnya.

Sesudah tim lakukan observasi segera ke lapangan, tim juga lakukan kunjungan pengurus-pengurus TPQ. TPQ yang ada di Dusun Lestari ada 2 TPQ Darunnajjah 1, serta TPQ Darunnajjah 2. Aktivitas PKK juga jadi satu diantara agenda program kami, yang terealisasi pada pertemuan PKK pada tanggal 27 Mei 2015 dan diadakannya Senam PKK yang berada di Kubah Masjid Enamel serta Balai Desa Wonorejo pada tanggal 28 Mei 2015. Selain pendidikan non resmi, tim juga lakukan penggalian info mengenai pendidikan resmi. Dalam bagian kesenian (ketertarikan serta bakat) terealisasilah program kami buat kreasi dari kain flanel. Program ini terwujud pada tanggal 25 juni 2015. Pada sekian hari selanjutnya, sesudah tim lakukan crosscheck, tim berusaha untuk mencari peta Dusun Lestari, serta kami temui ada buku gagasan pembangunan periode menengah desa (RPJMDES) tahun2011-2015 yang kami dapatkan dari perpustakaan balai desa Wonorejo tidak kami temui.

Bersamaan selesainya menolong jadi Pengawas supaya terlaksannya Ujian Kenaikan Kelas (UKK) pada tanggal 8-11 Juni 2015. Diluar itu, juga ikut serta pada persiapan perpisahan kelas 6 SDN Wonorejo 2 dan dalam acara inti perpisahan kelas 6 itu yaitu pada tanggal 13 Juni 2015. Selain itu, supaya terlaksananya aktivitas ekstrakurikuler pramuka peserta KKN ditugasi jadi pembina pramuka yang dikerjakan sehari-hari Sabtu. Searah dengan aktivitas Kubah Masjid Enamel itu, ketentuan kepala sekolah inginkan ditambahkan program hafalan juz ‘amma sesudah jam pulang sekolah untuk murid kelas 4 serta kelas 5. Serta dalam bagian pendidikan kami juga mewujudkan program kerja kami berbentuk partipasi dalam Aktivitas Belajar Mengajar (KBM) SDN Wonorejo 2, Dengan rolling. Hingga satu per satu anggota grup 15 ikut serta dalam KBM itu. Begitu juga dengan TPQ Darunnajjah 1, kami juga mengaplikasikan alur/jenis yang sama, yaitu tehnik rolling.

Pada tanggal 14-15 Juni 2015 terealisasilah program kerja kami yakni kerja bakti berada di lingkungan Dusun Lestari serta balai Desa Wonorejo. Akses menuju Dusun Lestari tidak demikian susah, hingga menuruttim, tak ada problem yang bermakna terkait dengan akses transportasi. Persoalan yang keluar serta kami jumpai yaitu persoalan yang multi komplek, walau demikian Tim lebih pilih untuk merampungkan segi pendidikan, hal semacam ini diambil karna berdasar pada kemampuan yang dipunyai oleh tim di Kubah Masjid Enamel.

Kami, yang sudah di bekalkan oleh pihak universitas, peranan kami Kubah Masjid Enamel yaitu jadi fasilitator. Semuanya beberapa jalan keluar tetaplah mereka yang juga akan mengambil keputusan, kami cuma menjembatani hingga mereka bisa bermusyawarah mufakat di Kubah Masjid Enamel. Dalam hal semacam ini kami menjajagi persoalan sampai hingga pada lakukan beberapa aksi penyelesaiannya dengan memakai segala teknik PAR salah satunya yaitu dengan mapping, serta diskusi-diskusi. Konsentrasi persoalan yang kami tekankan di sini yaitu mengenai pendidikan keagamaan, hal semacam ini didasarkan dari hasil observasi yang sudah kami kerjakan, tim lihat kalau pendidikan mengenai keagamaan begitu diperlukan warga muslim, tetapi pemahaman serta pengetahuan juga akan agama dinilai masih tetap minim.